Tentang Poltekmu Makassar

Visi Politenik Muhammadiyah Makassar

“Menjadi Perguruan Tinggi Vokasi yang Unggul Berbasis Islam Berkemajuan tahun 2045”

Misi Politeknik Muhammadiyah Makassar

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menyiapkan dan menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, berbudi pekerti, mandiri, inovatif, kompetitif, sehat, jujur, disiplin dan bertanggung jawab.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan teknologi yang bermanfaat bagi DUDI.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk masyarakat berkemajuan.
  4. Menyelenggarakan pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan kepada civitas akademika
  5. Menyelenggarakan kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan

Tujuan Poltekkesmu Muhammadiyah Makassar

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional, berjiwa Pancasila, memiliki integritas kepribadian yang tinggi, serta mempunyai kualifikasi untuk melakukan profesi menuju terwujudnya masyarakat utama;
  2. Menghasilkan produk penelitian sebagai landasan penyelenggaraan pendidikan dan mengembangkan IPTEKS.
  3. Menghasilkan produk pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mewujudkan civitas akademika yang memiliki perilaku yang sesuai nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan; dan,
  5. Mewujudkan kerjasama dengan pihak lain dalam lingkup regional, nasional dan internasional untuk pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Sejarah Singkat

Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makassar sebelumnya merupakan penggabungan Akademi Kesehatan Lingkungan, Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi, Akademi Teknik Elektromedik, dan Akademi Analis Kesehatan Muhammadiyah Makassar yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 1151/KPT/I/2018 tanggal 18 Desember 2018. Politeknik Muhammadiyah Makassar adalah salah satu bentuk perguruan tinggi Muhammmadiyah yang mengalami perubahan nama dari Politeknik Kesehatan Muhammadiyah Makassar berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 159/D/OT/2023 tanggal 23 Juni 2023. Politeknik Muhammadiyah Makassar mengemban tugas dan fungsi perguruan tinggi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya dalam pendidikan tinggi. Dalam kedudukannya sebagai perguruan tinggi yang mandiri, Politeknik Muhammadiyah Makassar merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan kecakapan dan keterampilan dalam pengembangan / penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi kesenian serta mengupayakan penggunaannya bagi masyarakat, bangsa dan negara.
Politeknik Muhammadiyah Makassar memiliki 6 Program Studi, yaitu: Sanitasi (D3)Radiologi (D3)Teknologi Elektro-medis (D3), Teknologi Laboratorium Medis (D3), Rekayasa Elektro Medis (D4), dan Teknologi Laboratorium Medis (D4). Saat ini Poltekmu Makassar memiliki kurang lebih 1300 mahasiswa yang dibina oleh kurang lebih 60 orang dosen yang berkualifikasi minimal S2 serta tenaga kependidikan yang sesuai. Kampus Poltekkesmu Makassar berada di Jl. Dr. Sam Ratulangi No. 101 Kota Makassar.
Politeknik Muhammadiyah Makassar dipimpin oleh seorang Direktur yaitu bapak Prof. Dr. KH. Mustari Bosra, MA. untuk masa jabatan 2022-2026 dan 3 orang Wakil Direktur yaitu bapak A. M. Fadhil Hayat, M.Kes. (bidang Akademik dan AIK); bapak Dr. Ir. Usman Umar, ST., MT. (bidang Administrasi Umum dan Keuangan); serta ibu Nurul Ni’ma Aziz, S.ST., M.Kes. (bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni).

Leave a comment